26 Mar 2013

System Engineering



Definisi Sistem
Suatu sistem adalah suatu bangunan atau koleksi dari unsur-unsur yang berbeda yang bersama-sama tidak menghasilkan produk dapat diperoleh oleh unsur-unsur sendiri. Unsur-Unsur, atau bagian, dapat meliputi orang-orang, perangkat keras, perangkat lunak, fasilitas, kebijakan, dan dokumen; itu semua diperlukan untuk memproduksi tingkatan sistem. Hasil meliputi kualitas tingkatan sistem, kekayaan, karakteristik, fungsi, perilaku dan penampilan.

Sistem Engineering
System Engineering adalah suatu disiplin rancang-bangun yang mana bertanggung jawab menciptakan dan melaksanakan proses disiplin untuk memastikan bahwa pelanggan dan kebutuhan stakeholder's terpuaskan dengan kualitas tinggi, terpercaya, efisiensi biaya dan menjadwalkan cara memenuhi sepanjang keseluruhan jalan kehidupan. Proses ini pada umumnya terdiri atas tujuh tugas: Satukan masalah, alternative penyelidikan, model system, Mengintegrasikan, peluncuran system, Nilai capaian, dan evaluasi kembali. Fungsi ini dapat diringkas dengan singkatan Similar: State, investigasi, Model, integrate, launch, Nilai dan Re-Evaluate.




Sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat yang tertentu seperti elemenelemen (elements), batasan sistem (boundary), lingkungan sistem (environments), penghubung (interface), masukan (input), pengolahan (process), keluaran (output), dan tujuan (goals).

Sistem berbasis komputer adalah sistem yang komponen-komponennya atau subsistem-subsistemnya terdiri dari :
  •  Perangkat lunak, yaitu program komputer, struktur data, dan dokumentasi terkait.
  • Perangkat keras, yaitu perangkat elektronik yang menyediakan kemampuan komputasi dan perangkat elektromekanik (misalnya: sensor, motor, pompa) yang menyediakan fungsi dunia luar.
  • Manusia, yaitu pemakai dan operator perangkat keras dan perangkat lunak.
  •  Basis data, yaitu kumpulan informasi yang besar dan terorganisasi yang diakses melalui perangkat lunak.
  • Dokumentasi, yaitu buku-buku manual, formulir, dan informasi deskriptif lainnya yang menggambarkan penggunaan dan atau operasional sistem.
  • Prosedur, yaitu langkah-langkah yang menjelaskan pemakaian spesifik dari setiap elemen sistem.




Produk system engineer adalah suatu pernyataan misi, suatu dokumen kebutuhan yang mencakup verifikasi dan pengesahan, suatu uraian fungsi dan object, kepekaan instrument, suatu rencana test, suatu gambar batasan-batasan sistem, suatu alat penghubung mengendalikan dokumen, suatu daftar deliverables, model, suatu analisis kepekaan, suatu tradeoff studi, suatu analisis risiko, suatu analisa jalan kehidupan dan suatu uraian arsitektur phisik. Kebutuhan harus disahihkan ( Apakah kita membangun sistem yang benar?) dan membuktikan ( Apakah kita membangun sistem itu benar?). Fungsi sistem harus dipetakan kepada komponen phisik. Pemetaan berfungsi ke phisik komponen dapat satu untuk satu atau banyak untuk satu. Tetapi jika satu fungsi ditugaskan untuk dua atau lebih komponen phisik, kemudian suatu kekeliruan mungkin telah dibuat dan haruslah diselidiki. Satu alasan sah untuk menugaskan suatu fungsi ke lebih dari satu komponen akan berfungsi preformed oleh satu komponen dalam suatu gaya tertentu dan oleh komponen lain dengan gaya lain. Yang lain akan bersifat pemborosan sengaja untuk tingkatkan keandalan, membiarkan seseorang membagi sistem kepada penerima fungsi jika yang lain gagal melakukan pembagian.

Pemodelan Arsitektur Sistem
Setiap sistem berbasis komputer dapat dimodelkan sebagai sebuah pemindahan informasi dengan menggunakan arsitektur input-pemrosesan-output. Pemodelan Arsitektur Sistem memperluas arsitektur ini dengan menambahkan 2 fitur tambahan yaitu pemrosesan antarmuka pemakai dan pemrosesan self-test. Meskipun dua fitur tambahan ini tidak selalu dipakai tetapi fitur tambahan ini umum dipakai pada pemodelan sistem berbasis komputer yang membuat model sistem menjadi lebih baik. Model sistem ini menjadi dasar bagi analisis kebutuhan dan langkah desain selanjutnya.
Untuk memodelkan sistem maka digunakan model template arsitektur yang mengalokasikan elemen sistem menjadi 5 bagian pemrosesan yaitu:
1.      antarmuka pemakai,
2.      input
3.      fungsi dan kontrol sistem,
4.      output dan
5.      pemeliharaan dan self-test.

Pemodelan Sistem dan Simulasi
Meskipun demikian , sepertinya metode ini akan banyak penganutnya diantara pengembangan perangkat  lunak yang harus membangun perangkat lunak yang kritis untuk keselamatan (misal perangkat medis, dan penerbangan pesawat), serta diantara pengembangan yang harus menderita karena factor ekonomis yang harus dialami oleh perangkat lunak. 


Spesikasi Sistem
Spesifikasi sistem merupakan dokumen yang berfungsi menggambarkan fungsi dan kinerja sistem berbasis komputer yang akan dikembangkan, membatasi elemen-elemen sistem yang telah dialokasikan, serta memberikan indikasi mengenai perangkat lunak dan konteks sistem keseluruhan dan informasi data dan kontrol yang dimasukkan dan dikeluarkan oleh sistem yang telah digambarkan dalam diagram aliran arsitektur.




3 komentar:

  1. sangat membantu sekali terima kasih

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kak mau tau judul bukunya tentang engineering system yg kk publikasikan dong

    BalasHapus